Thursday, October 05, 2006

Slogan sebuah media = setiap hari selalu ada yang baru

Ada sebuah bacaan yang menarik perhatian saya. Bukan karna isinya, bukan karna fontnya, tapi karna kemasannya. Majalah PS yang awalnya seukuran A3, sekarang jadi ukuran mini. Tidak semini majalah Device, tetapi mini panjang kali yaa..hahaha...yup, dengan demikian secara tidak langsung mengabarkan ke seantero pembaca bahwa mereka melakukan aksi pengiritan. Biasanya ada beberapa pilihan, yaitu : memperbanyak space iklan dan menambah halaman, mengubah sebagian halaman menjadi hitam putih, mengubah ukuran media. Nah, mereka memilih yang terakhir. Sangat klise lah ya kalau ditebak alasannya adalah untuk kepraktisan pembaca dan mengubah image mereka.

Brand as personality

Brand personality adalah karakteristik yang menggambarkan perusahaan/produk sebagaimana mereka menjadi manusia. Majalah PS misalnya; karna satu-satunya tujuan adalah memberikan informasi belanja seputar Plaza Senayan, maka kita secara tidak langsung namun akurat akan mengetahui manusia macam apa si majalah tersebut. Tentunya mature, classy, dan nyaris tidak perduli harga melainkan kualitas dan brand! Memang ada remaja yang berbelanja di PS, tapi kebanyakan mereka yang memperdulikan penampilan, bukan utilitas. Jadi, coret saja si ukuran baru sebagai perubahan element pada brand identity.

Sebagai info tambahan, banyak sekali pembaca yang mature (usia 25-45 thn) yang menyukai grip pada majalah berukuran A3. Terutama karna mereka lebih tertarik pada gambar produk dengan warna asli dan tambahan kecil di bawahnya, mengenai harga. Ketimbang font kecil-kecil dan paragraf yang rapat, bercerita secara deskriptif mengenai suatu produk.

No comments: